Penangkapan Ryan Briant Jo Di Surabaya (Foto : Istimewa)

Pikiran Publik - Eks Karyawan Rental Mobil Matic yang menjadi buronan para pengusaha rental mobil di berbagai daerah sejak tahun yang lalu Ryan Briant Jo, akhirnya berhasil ditangkap berkat kerjasama antara relawan Buser Rental Nasional (BRN) , korban-korban penipuan dan penggelapan yang dilakukan Oleh Tersangka pun saling bekerjasama dengan pihak kepolisian di berbagai kota sehingga Ryan dapat dibekuk di Surabaya (16/04/2024). 

Eks Karyawan Rental Mobil Matic ini ternyata tidak tinggal diam dalam pelariannya setahun terakhir ini. Ryan diketahui sering berpindah-pindah kota Dari Jakarta, Solo, Semarang, Surabaya Hingga Bali dan diapun merubah identitasnya dalam melancarkan setiap aksinya yang membuat tugas Pihak kepolisian semakin sulit. "Jadi kita dapat info dia sedang di Bali Januari lalu, lalu Ryan tiba-tiba pindah ke Jakarta, dan begitu dikejar ke Jakarta, dia ternyata berencana ke Surabaya untuk melancarkan aksinya kembali" Ungkap Galih Gumilang yang turut serta membantu berkordinasi dalam pengungkapan kasus ini. 

Perburuan Ryan akhirnya mencapai puncaknya ketika Tersangka menuju ke Surabaya untuk menyewa mobil lagi, Kerja sama yang baik antara para korban, Anggota Relawan BRN (Buser Rental Nasional), Pihak Kepolisian di Surabaya serta Polres Tangerang Selatan membuat Ryan tidak dapat menghindar lagi. Detail Koordinasi, informasi dan kerja sama dengan Anggota lainnya sudah sangat bagus, jadi sangat memudahkan seluruh pihak. 

Heri Irfan Prasetyo yang merupakan salah satu korban telah melaporkan Ryan ke Polres Tangerang Selatan pada 2023 lalu. Namun titik terang pun baru terjadi pada Selasa, 16 April 2024 ketika Akhirnya Ryan Briant Jo tersangka tindak pidana penipuan dan penggelapan yang terkenal licin ini berhasil dibekuk di Surabaya (16/04/2024) 

Pihak kepolisian saat ini sedang mendalami dan mengembangkan potensi tindak pidana lain yang dilakukan oleh Ryan Briant Jo selama masa pelariannya. (gilanggalih99_)