Iklan

Analisis Mendalam Video Animasi 'Pak Tani dan Mawar Kecil': Sindiran Politik atau Kebetulan Semata

farhan ramadhan
Sabtu, 02 Desember 2023, 17.39 WIB Last Updated 2023-12-03T11:17:56Z

 

Sosok petani di animasi 'Pak Tani dan Mawar Kecil' (TikTok)

Pikiran Publik - Sebuah video animasi berjudul 'Pak Tani dan Mawar Kecil' mendadak viral lantaran disinyalir memuat sindiran terhadap sosok Presiden RI, Joko Widodo alias Jokowi dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).


Animasi tersebut mampu menggaet ratusan ribu penonton lantaran gaya animasinya yang imut namun ternyata memiliki pesan propaganda politik yang kental.


Dugaan sindiran tersebut ditujukan pada kedua tokoh utama di animasi tersebut, yakni Pak Tani dan sekuntum Mawar Kecil yang dirawat oleh sang petani.


Teka-teki tokoh Pak Tani: Simbol presiden Jokowi?

Ada banyak kesamaan antara tokoh Pak Tani dengan Presiden Jokowi. Salah satu yang paling kentara adalah dari wajah Pak Tani yang serupa dengan sang Presiden RI.


Sosok Pak Tani tersebut memiliki ladang yang luas sebagai sumber penghidupannya. Namun, ada sekuntum Mawar Kecil yang paling ia cintai.


Pak Tani merawat sekuntum Mawar Kecil tersebut dengan menyiraminya setiap hari dan melindunginya dari berbagai ancaman.


Mawar kecil tersebut juga tumbuh di tempat tak semestinya, yakni di tengah-tengah lahan padi yang menyimpan banyak bahaya.


"Mawar itu tumbuh bukan pada habitatnya tapi pak tani terus merawat mawar kesayangannya," bunyi narasi dalam video tersebut.


Sang petani mencintai Mawar Kecil tanpa syarat meski tak memberikan manfaat yang nyata baginya. Sebab, Mawar Kecil tak memberikannya hasil bumi maupun susu yang bisa dijual.


"Mawar itu tidak menawarkan daging seperti kerbau susu seperti sapi, atau beras dari padi, cinta Pak Tani adalah cinta tanpa syarat untuk mawar kecil ini," ucapnya.


Teka-teki Mawar Kecil: Simbol PSI

Mawar Kecil yang sangat disayangi oleh sang Pak Tani tersebut diduga menyimbolkan PSI. Sebab, logo PSI adalah bunga mawar sebagai simbol solidaritas.


Diduga bahwa sikap sang Pak Tani terhadap Mawar Kecil mencerminkan sikap Jokowi ke PSI. Adapun putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep kini mendapatkan posisi strategis di PSI.


Selain itu, ada tokoh lainnya yang diduga sebagai pihak lawan PSI di dunia nyata. Ada sosok sapi yang menyimbolkan PDI Perjuangan, elang yang menyimbolkan Partai Gerindra, hingga padi yang menyimbolkan PKS dan Golkar.


Sang Petani menjaga Mawar Kecil dari diinjak-injak sapi dan dikoyak-koyak oleh elang.


"Sapi yang ceroboh, dihajar angin yang keras di sekitarnya, ditumbuhi padi dan ilalang bahkan disambar bahkan disambar oleh elang," ungkap narator dalam video.


"Tapi apapun yang terjadi pada mawar itu, pak tani di tengah kesibukannya terus menyempatkan waktu untuk melihat dan menjaga mawar itu agar tidak mati," sambungnya.


Penulis : Farhan Ramadhan Hidayat
Editor : Muhammad Miko Prayoga

Komentar

Tampilkan

  • Analisis Mendalam Video Animasi 'Pak Tani dan Mawar Kecil': Sindiran Politik atau Kebetulan Semata
  • 0

Terkini

Topik Populer