TikTok shop kembali dibuka
foto: istimewa

Pikiran PublikHai TikTok lovers, kabar gembira bagi para pengguna tiktok!!! 

Tiktok merupakan sosial media yang berkembang pesat beberapa tahun ini, bahkan banyak sekali orang yang menggunakan aplikasi TikTok, terlebih lagi bagi para kaula muda, mulai dari menonton video, belajar, mengikuti trend, bahkan hingga menggali informasi. Semua dapat dilakukan di TikTok.


Karna banyaknya audience di TikTok, maka menjadi peluang bagi tiktok untuk membuka fitur belanja dalam aplikasi mereka, yang mulai diluncurkan pada 17 April 2021. Banyak UMKM Indonesia yang bergabung dan mulai merintis kesuksesan nya melalui TikTok Shop.


Namun ternyata, TikTok Shop ini bukan menjadi solusi terbaik dalam berbelanja, terutama bagi mereka para pedagang di toko biasa, hal ini tentu mematikan ekonomi kita yang telah ada sejak dulu. Hingga akhirnya pemerintah Indonesia menutup TikTok Shop pada 04 Oktober 2023 demi kesejahteraan dan keseimbangan ekonomi di negeri kita


akan tetapi banyak orang yang sangat menyayangkan apabila TikTok Shop ditutup


Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KemenKop UKM) angkat bicara terkait kabar TikTok Shop yang akan kembali dibuka di Indonesia


Temmy Satya Permana membenarkan kabar TikTok Shop akan kembali dibuka di Indonesia. Dia menyebutkan bahwa, TikTok Shop nantinya akan mematuhi seluruh regulasi yang berlaku di Indonesia.


Kemudian, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, menyebut TikTok sudah mengadakan pembicaraan dengan 5 e-commerce di Indonesia untuk membicarakan kemitraan dalam menjalankan bisnis e-commerce


Adanya sinyal dibukanya layanan dagangnya TikTok itu dikonfirmasi oleh Asisten Deputi Pembiayaan dan Investasi UKM, Deputi Bidang UKM, KemenKopUKM, Temmy Satya Permana saat ditemui media di Jakarta, akhir pekan lalu. 


Berdasarkan informasi yang diterima dari TikTok langsung, Temmy mengatakan, rencana pembukaan TikTok Shop-nya tersebut benar adanya. Bahkan rencana pembukaan layanan dagangnya itu dilakukan dengan bergabung ke salah satu perusahaan e-commerce di Tanah Air.


Adapun, tiga e-commerce yang disebut sudah dihubungi adalah Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli.


Sampai saat ini, belum ada tanggal pasti tentang kapan TikTok Shop akan kembali sepenuhnya. Semoga kehadiran kembali TikTok Shop akan semakin memperkaya pengalaman belanja online pengguna TikTok.


Kalau menurut kalian gimana guys, apakah TikTok Shop perlu hadir kembali di Indonesia atau tidak?  silahkan berkomentar dibawah ini


Penulis : Farhan Ramadhan 

Editor : Farhan Ramadhan