Foto: Ilustrasi Prabowo Subianto (kiri), Anies Baswedan (tengah), dan Ganjar Pranowo (kanan).

Pikiran Publik - Hasil survei terbaru mengenai Capres 2024 di Jawa Timur (Jatim) telah dirilis oleh Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI). Survei ini memberikan gambaran yang menarik tentang elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden yang telah mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU).


Menurut survei yang dilakukan oleh ARCI, pasangan Prabowo-Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di puncak dengan elektabilitas sebesar 40,1%. Mereka diikuti oleh pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan elektabilitas sekitar 35,9%. Sedangkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berada di posisi ketiga dengan elektabilitas sebesar 22,2%.


Direktur ARCI, Baihaki Sirajt, menjelaskan beberapa faktor yang membuat pasangan Prabowo-Gibran unggul di Jatim. Salah satunya adalah migrasi pendukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang awalnya mendukung Ganjar Pranowo, namun sekarang beralih ke Prabowo.


Menurut Baihaki, sekitar 33,7% pemilih PDIP di Jatim memilih pasangan Prabowo-Gibran, sementara 66,3% memilih pasangan Ganjar-Mahfud. Tidak ada satupun pemilih PDIP yang memilih pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.


Baihaki menyoroti pengaruh Gibran dan Jokowi terhadap pemilih PDIP di Jatim yang beralih dari Ganjar ke Prabowo. Hal ini disebabkan oleh faktor Gibran yang menjadi cawapres Prabowo, dan juga dampak dari popularitas Presiden Joko Widodo (Jokowi) di daerah tersebut.


Menariknya, kehadiran Gibran di tim Prabowo juga membuat pasangan ini mendapatkan dukungan kuat dari sejumlah loyalis Jokowi di Jatim. Jatim dikenal sebagai basis Jokowi selama dua kali Pemilihan Presiden pada tahun 2014 dan 2019.


Survei ARCI dilakukan dalam rentang waktu 22-27 Oktober 2023. Metode survei yang digunakan adalah multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang tersebar secara proporsional di 38 kabupaten/kota di Jatim. Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 2,8% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.


Hasil lengkap elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden di Jatim versi ARCI adalah sebagai berikut:


1. Prabowo-Gibran: 40,1%

2. Ganjar-Mahfud: 35,9%

3. Anies-Muhaimin: 22,2%

     Tidak tahu/tidak menjawab: 1,8%


Demikianlah hasil survei terbaru yang memberikan gambaran mengenai popularitas calon presiden dan calon wakil presiden di Jatim, dan faktor-faktor yang memengaruhi pergeseran dukungan pemilih. Terus pantau perkembangan selanjutnya dalam perhelatan Pemilihan Presiden 2024.


Penulis : Adinda Retno Budiarti

Editor : Muhammad Miko Prayoga