Iklan

Sorotan Media Internasional dan Kesempatan Kedua dari FIFA untuk Indonesia

Muhammad Miko Prayoga
Sabtu, 11 November 2023, 13.32 WIB Last Updated 2023-11-21T17:53:25Z


Pemain Timnas Indonesia U17 Jardin Wilber (kiri) saat babak penyisihan Grup A Piala Dunia U17 2023 melawan Ekuador yang berakhir dengan skor 1-1 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, Jumat (10/11/2023) malam.
 

Pikiran PublikPada Jumat (10/11/2023), Piala Dunia U-17 2023 secara resmi dimulai di Indonesia. Turnamen ini diselenggarakan di empat stadion, yaitu Gelora Bung Tomo di Surabaya, Stadion Manahan di Solo, Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta, dan Stadion Si Jalak Harupat di Bandung. Pemain dari 24 negara peserta akan bersaing untuk mencapai posisi puncak dalam pertandingan final pada tanggal 2 Desember 2023.


Pertandingan pembukaan sukses dilangsungkan di Stadion Gelora Bung Tomo antara tuan rumah Indonesia dan Ekuador dengan hasil imbang 1-1. Media asing turut memberikan tanggapan terhadap pelaksanaan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia, memfokuskan perhatian pada beberapa aspek tertentu.


1.    Kesempatan Kedua Dari FIFA

DW melaporkan bahwa Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia memberikan kesempatan kedua bagi negara tersebut, menandai comeback setelah pembatalan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 akibat penolakan terhadap timnas Israel sebagai peserta. DW menyoroti bahwa ini adalah momen bersejarah, menandai penampilan pertama Indonesia dalam Piala Dunia di tingkat manapun sejak tahun 1938.


Keputusan FIFA memberikan kesempatan kedua menunjukkan inklusivitas dan semangat fair play dalam dunia sepak bola. Pentingnya memisahkan olahraga dari kontroversi politik, menjadikan Piala Dunia U-17 2023 sebagai platform untuk Indonesia membuktikan kematangan dan kapasitasnya sebagai tuan rumah turnamen internasional.


Partisipasi Indonesia dalam turnamen ini membangkitkan harapan tinggi di kalangan masyarakat. Warga Indonesia diharapkan merespons positif terhadap kesempatan ini, dengan harapan bahwa penampilan sukses timnas sebagai tuan rumah akan memberikan dorongan positif bagi perkembangan sepak bola lokal dan meningkatkan rasa bangga nasional.


Secara keseluruhan, Piala Dunia U-17 2023 bukan hanya tentang pertandingan sepak bola tingkat dunia, tetapi juga sebuah narasi tentang pemberian kesempatan kedua, inklusivitas, dan semangat olahraga. Sebagai tuan rumah, Indonesia memiliki peluang untuk menunjukkan kepada dunia bahwa olahraga dapat menyatukan, melebur perbedaan, dan merayakan keberagaman, memajukan semangat persaudaraan olahraga internasional.


2.    Kebangkitan Indonesia

Dalam publikasi berjudul "Indonesia Ready for Global Football Spotlight as U17 World Cup Set for Friday Kick-off" oleh Inside World Football, membahas Piala Dunia U-17 2023 dan menggambarkan bahwa turnamen ini merupakan tonggak penting bagi Indonesia setelah pembatalan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 yang sebelumnya dijadwalkan. Media asal Inggris ini menyoroti bahwa Piala Dunia U-17 menandai langkah maju bagi Indonesia dalam panggung sepak bola global.


Lebih lanjut, Piala Dunia U-17 dianggap sebagai momen kebangkitan bagi Indonesia, terutama setelah tragedi Kanjuruhan yang diidentifikasi sebagai bencana stadion terburuk di dunia. Artikel tersebut menekankan bahwa penyelenggaraan turnamen ini diharapkan dapat menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk memulihkan citra dan membuktikan kemampuannya sebagai tuan rumah setelah insiden tersebut.


Selain itu, laporan tersebut juga menyoroti keputusan Indonesia untuk menarik diri dari penawaran menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Penjelasan media mengungkapkan bahwa Indonesia dideskripsikan sebagai negara yang tunduk pada tekanan dari rekan-rekan sejawat, yang kemudian mengakibatkan keputusan untuk menarik diri dari peluang menjadi tuan rumah pada akhir Oktober.


Dalam konteks ini, penekanan pada keputusan mundur dari penawaran menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 menunjukkan dinamika kompleks yang terlibat dalam keputusan strategis Indonesia di arena sepak bola internasional. Keseluruhan, artikel tersebut menggarisbawahi pentingnya Piala Dunia U-17 sebagai pendorong kemajuan bagi Indonesia, sambil menyelidiki sejumlah peristiwa signifikan yang membentuk naratif sepak bola Indonesia dalam skala global.


3.    Kereta Cepat Whoosh fasilitasi Piala Dunia U-17 2023

Breaking News Network (BNN) melaporkan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia dengan judul berita "WHOOSH Fast Train to Facilitate U-17 World Cup in Indonesia." Media yang berbasis di New Jersey, AS, menekankan peran kereta cepat Whoosh sebagai sarana transportasi utama yang signifikan dan efisien selama perhelatan Piala Dunia U-17 2023.


Berfokus pada kemampuan kereta cepat Whoosh, BNN mencatat bahwa pemerintah Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan frekuensi layanan kereta api selama berlangsungnya turnamen, menandai langkah proaktif untuk mengakomodasi kebutuhan transportasi selama acara tersebut. Dalam laporan tersebut, diungkapkan bahwa pemerintah juga berencana menyediakan gerbong khusus bagi para pemain bola, menunjukkan upaya untuk memberikan fasilitas optimal bagi tim-tim peserta.


Keberadaan kereta cepat Whoosh bukan hanya dianggap sebagai sarana transportasi, tetapi juga sebagai faktor pendukung suksesnya penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023. Dengan menyoroti peran yang dimainkan oleh Whoosh, BNN membawa perhatian pada infrastruktur yang mendukung dan memfasilitasi kelancaran acara sepak bola prestisius ini di Indonesia.


Dalam konteks ini, BNN memainkan peran penting dalam menyampaikan informasi tentang kesiapan Indonesia, khususnya melalui infrastruktur transportasi yang canggih seperti kereta cepat Whoosh, yang diharapkan akan memberikan kontribusi positif terhadap pengalaman para peserta dan penggemar sepak bola selama Piala Dunia U-17 2023.


4.    Keamanan Indonesia diperketat

NHK melaporkan pelaksanaan turnamen sepak bola ini dalam berita yang berjudul "Indonesia Tightens Security for U-17 Soccer World Cup". Media berbasis di Jepang ini menyoroti peningkatan keamanan yang dilakukan oleh Indonesia selama Piala Dunia U-17 2023.


NHK menekankan bahwa tragedi Kanjuruhan menjadi faktor utama yang mendorong peningkatan keamanan di Indonesia selama penyelenggaraan turnamen sepak bola tersebut. Dalam rangka memastikan kelancaran acara, pihak kepolisian Indonesia menjalankan protokol keamanan FIFA dengan melibatkan sebanyak 13.000 petugas keamanan. Keputusan untuk tidak menggunakan gas air mata juga menjadi poin penting dalam langkah-langkah keamanan yang diambil.


Laporan NHK memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang langkah-langkah konkret yang diambil oleh pihak berwenang Indonesia untuk mengatasi dan mencegah potensi ancaman keamanan selama Piala Dunia U-17. Pemberitaan ini tidak hanya memberikan informasi tentang keamanan yang diperketat, tetapi juga mengaitkannya dengan konteks tragedi Kanjuruhan, menyoroti pentingnya keselamatan dan perlindungan dalam menyelenggarakan acara olahraga internasional.


Dengan fokus pada aspek keamanan dan langkah-langkah proaktif yang diambil oleh Indonesia, NHK menyajikan gambaran yang komprehensif tentang persiapan dan tindakan keamanan yang diambil untuk menjaga kelancaran Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.


5.    Upacara pembukaan Piala Dunia U-17 2023

Xinhua memberikan sorotan terhadap pembukaan Piala Dunia U-17 2023 melalui tulisan berjudul "In Pics: Opening Ceremony of FIFA World Cup U17 in Indonesia." Media asal China ini mempublikasikan serangkaian gambar dari upacara pembukaan yang berlangsung di Gelora Bung Tomo, Surabaya pada 10 November 2023.


Dalam pelaporan tersebut, Xinhua tidak hanya menyajikan foto-foto upacara pembukaan, tetapi juga membagikan gambar-gambar yang menampilkan para penampil yang tampil dalam acara tersebut. Selain itu, foto-foto dari momen yang menampilkan Presiden FIFA Gianni Infantino bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga turut dibagikan.


Xinhua secara visual menghadirkan suasana upacara pembukaan Piala Dunia U-17 2023 melalui serangkaian foto yang menggambarkan keceriaan dan kegemilangan acara tersebut. Dengan mengfokuskan pada momen-momen kunci, termasuk pertunjukan dan kehadiran tokoh-tokoh penting seperti Presiden FIFA dan Presiden Jokowi, Xinhua memberikan pandangan komprehensif tentang atmosfer dan signifikansi upacara pembukaan turnamen sepak bola prestisius ini di Indonesia.


6.    Pengalaman pemain timnas Inggris

Media sepak bola Inggris Football Association, England Football, membagikan pengalaman unik para pemain Timnas Inggris U-17 selama kunjungan mereka ke Indonesia dalam tulisan berjudul "A Taste of Local Life for The Young Lions."


Dalam cerita yang disampaikan, The Young Lions menggambarkan kunjungan mereka ke klub sepak bola lokal di Jakarta. Selama kunjungan tersebut, mereka menyaksikan upaya anak-anak kurang mampu dalam mengembangkan keterampilan sepak bola mereka.


Para pemain Timnas Inggris U-17 tidak hanya berperan sebagai pengamat, namun juga aktif terlibat dalam kegiatan bersama. Mereka tidak hanya memberikan perhatian kepada anak-anak anggota klub, tetapi juga turut berpartisipasi dalam pertunjukan musik tradisional yang disiapkan sebagai sambutan hangat untuk mereka.


Cerita ini menyoroti kegiatan positif dan interaksi langsung antara para pemain Timnas Inggris U-17 dengan komunitas sepak bola lokal di Indonesia. Dengan menekankan pengalaman hidup lokal, England Football memberikan wawasan tentang upaya timnas dalam memahami dan mendukung pengembangan sepak bola di tingkat masyarakat yang lebih luas.


Penulis : Nazzy
Editor : Muhammad Miko Prayoga

Komentar

Tampilkan

  • Sorotan Media Internasional dan Kesempatan Kedua dari FIFA untuk Indonesia
  • 0

Terkini

Topik Populer