Iklan

Survei Indikator: Ganjar Pranowo Mendominasi Citra Positif

Muhammad Miko Prayoga
Selasa, 03 Oktober 2023, 09.48 WIB Last Updated 2023-11-21T18:21:13Z


Bakal Capres PDIP Ganjar Pranowo bersama sekjen partai koalisi mengikuti rapat rutin Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar. (Foto: Delvira Hutabarat)

Pikiran PublikSurvei yang dilakukan oleh lembaga Indikator pada tanggal 14-20 September 2023 di Jawa Timur menunjukkan bahwa Bakal Calon Presiden 2024 Ganjar Pranowo unggul dalam berbagai jenis citra positif yang diinginkan oleh masyarakat Jatim. Hasil survei ini dirilis pada Sabtu, 30 September 2023.


Dalam survei ini, Ganjar Pranowo unggul dalam lima dari enam kategori sifat kepemimpinan yang diinginkan oleh masyarakat Jatim, dibandingkan dengan Prabowo dan Anies.


Kategori yang paling diungguli oleh Ganjar adalah sifat jujur dan bersih dari korupsi, yang dipilih oleh hampir 45,3 persen responden sebagai pertimbangan utama dalam menentukan karakter utama seorang pemimpin.


Selain itu, Ganjar juga mendominasi dalam kategori perhatian pada rakyat dengan persentase sebesar 88,3 persen, mengungguli Prabowo yang hanya mendapatkan 72,9 persen dan Anies dengan 56,3 persen. Ganjar dikenal dekat dan akrab dengan masyarakat kecil.


Dalam kategori jujur dan bersih dari korupsi, Ganjar juga unggul dengan raihan 81,2 persen, mengalahkan Prabowo yang hanya mencapai 70,5 persen dan Anies dengan 54,4 persen.


Komitmen Ganjar untuk memperkuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jika terpilih menjadi Presiden dianggap sebagai salah satu alasan kuat mengapa ia dinilai cocok oleh masyarakat Jatim.

Ganjar Dinilai sebagai Pemimpin Pintar dan Berpendidikan

Bakal calon presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo saat memberikan pidato dalam Rakernas IV PDIP di Jiexpo Kemayoran, Jumat (29/9/2023). (Dok. Tangkapan Layar Youtube PDIP)

Selain itu, Ganjar juga dinilai sebagai pemimpin yang pintar dan berpendidikan dengan persentase sebesar 89,7 persen, mengungguli Prabowo dengan 86,1 persen, dan Anies dengan 82 persen.


Dalam kategori religius dan taat beragama, Ganjar juga memimpin dengan raihan angka 76,2 persen, mengungguli Anies yang mencapai 65,3 persen dan Prabowo dengan 65 persen. Hal ini terkait dengan upaya Ganjar dalam melakukan pendekatan kepada para ulama dan kyai, terutama dari Nahdlatul Ulama (NU).


Terakhir, dalam kategori mampu memimpin Indonesia atau cocok untuk menjadi Presiden, Ganjar memperoleh hasil sebesar 79,7 persen, meninggalkan Prabowo dengan 70,8 persen dan Anies dengan 48,5 persen.


Meskipun Ganjar kalah dalam kategori tegas dan berwibawa dibandingkan dengan Prabowo, dengan persentase 85,6 persen untuk Ganjar dan 89,4 persen untuk Prabowo, serta 58 persen untuk Anies, hal ini dianggap sesuai dengan latar belakang militer yang dimiliki oleh Prabowo.


Penulis : Adinda Retno Budiarti

Editor : Muhammad Miko Prayoga

Komentar

Tampilkan

  • Survei Indikator: Ganjar Pranowo Mendominasi Citra Positif
  • 0

Terkini

Topik Populer