Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto saat menghadiri forum International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2023 di Singapura, Sabtu (3/6/2023). (Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra)
 


Pikiran PublikMenteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dinilai sebagai sosok Calon Presiden (Capres) yang paling jujur dan bersih dari tindak pidana korupsi. Penilaian ini berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia (IPI) periode 25 Agustus hingga 3 September 2023.


Tingkat kepercayaan publik terhadap Prabowo sebagai sosok yang bersih berada di angka tertinggi dengan 72,4 persen. Sedangkan Ganjar Pranowo berada di posisi kedua dengan 70,8 persen dan Anies Baswedan di posisi ketiga dengan 62,8 persen.


"Saya melihat dari hasil survei tersebut sosok Prabowo jujur, bersih dari korupsi 72,4%," kata Direktur Eksekutif Ethical Politics, Hasyibulloh Mulyawan dikutip Selasa (3/10/2023).


Mulyawan menilai, hal tersebut dikarenakan Prabowo selama menjabat sebagai Menhan sangat jauh dari citra buruk apalagi korupsi. Kinerjanya yang sangat bagus dibuktikan dengan prestasi hingga kekuatan militer Indonesia berada di peringkat ke-13 di seluruh dunia.


Prabowo juga berhasil mengakuisisi berbagai alutsista canggih di seluruh sektor angkatan bersenjata. Prabowo tidak pernah terlibat dalam isu miring terkait korupsi ataupun tindak pidana lainnya.


Lanjut Mulyawan, Prabowo justru secara tegas menolak korupsi. Terbukti dari tindakan tegas yang diberikan Prabowo kepada kadernya yang terjerat kasus korupsi yakni Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.


"Prabowo baru menjabat Menhan dan tidak terlibat kasus suap dan korupsi serta Prabowo juga sudah memberikan sanksi terhadap kadernya yang terlibat kasus Korupsi salah satunya Mantan menteri KKP Edhi Prabowo," pungkasnya.


Didukung Akar Rumput

Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto banyak mendapat dukungan dari masyarakat akar rumput. Hal ini membuktikan Prabowo sebagai capres unggulan rakyat Indonesia.


Banyaknya dukungan masyarakat akar rumput seperti Relawan Gerilya 08, Relawan Ridwan Kamil (RK) dan Komunitas Pemuda Cendekia Jawa Barat membuktikan sosok Prabowo sebagai pemimpin yang paling diminati oleh rakyat.


Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin mengatakan, dukungan tersebut sebagai bukti konkret banyaknya dukungan dari masyarakat di level akar rumput. Hal ini menjadikan Prabowo sebagai sosok paling diunggulkan untuk menjadi Presiden Indonesia selanjutnya.


"Tentu ini menjadikan Prabowo sebagai salah satu kandidat capres yang diunggulkan dalam perhelatan Pilpres 2024 nanti," kata Ujang dikutip Selasa (3/10/2023).


Ujang menilai, dukungan tersebut sangat dibutuhkan oleh setiap kandidat capres yang ingin memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Kesempatan itu sudah didapatkan oleh Prabowo yang meraih dukungan dari berbagai komunitas masyarakat.


"Tentu ini bagus bagi Pak Prabowo yang mendapat dukungan dari komunitas-komunitas masyarakat dan itu memang dibutuhkan oleh seorang calon presiden," ujarnya.


Prabowo Banyak Mendapat Dukungan

Lanjut Ujang, itu juga menjadi bukti Ketum Partai Gerindra tersebut tidak hanya mendapat banyak dukungan dari partai politik. Melainkan banyak juga gelombang dukungan dari masyarakat yang menginginkan Prabowo menjadi Presiden Indonesia selanjutnya.


"Artinya Prabowo sudah mendapat banyak dukungan tidak hanya dari partai-partai politik tapi juga masyarakat grassroot sebagai pemegang kedaulatan utama dalam pemilu," papar Ujang.


Menurut Ujang, ketika seorang capres yang telah banyak mendapat dukungan dari masyarakat arus bawah cenderung akan memenangkan kontestasi pilpres. Hal ini dikarenakan masyarakat akar rumput sangat ikhlas dalam menyatakan dukungannya kepada sosok capres.


Jelas posisi tersebut sangat menguntungkan Prabowo di perhelatan Pilpres 2024 nanti. Kemenangan Prabowo semakin terlihat dengan banyaknya dukungan yang datang dari arus bawah.


"Biasanya yang menentukan kemenangan itu masyarakat-masyarakat kecil karena mereka itu sangat sederhana berfikirnya, jadi ketika mereka mendukung ya mereka mendukung dengan ikhlas," pungkasnya.


Elektabilitas Prabowo

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan, naiknya elektabilitas Prabowo Subianto lantaran mesin politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) mulai panas. Seluruh partai pendukung Prabowo mulai bergerak serta adanya dukungan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).


"Yang juga cukup signifikan adalah pernyataan presiden ke-6 Pak Susilo Bambang Yudhoyono untuk all out mendukung Pak Prabowo. Sebagai presiden yang pernah memimpin 10 tahun, pengikut beliau pribadi masih sangat besar," ungkap Habubirokhman di Jakarta, Selasa, (3/10/2023).


Terlebih, kata Habiburokhman, gaya politik yang ditampilkan Prabowo Subianto juga menjadi salah satu penambah elektabilitasnya.


"Gaya politik Pak Prabowo yang merangkul dan menyatukan elemen-elemen bangsa membuat kerja kerja politik menjadi lebih ringan," ujar dia.


Kendati demikian, dia menegaskan, Partai Gerindra tak berpuas diri atas pencapaian tersebut. Partainya akan terus bekerja untuk merebut hati masyarakat.


Penulis : Adinda Retno Budiarti

Editor : Muhammad Miko Prayoga