Iklan

Tes Kesehatan Mahasiswa Baru UI: Persyaratan, Tata Cara, dan Pentingnya Kesiapan Fisik

Muhammad Miko Prayoga
Sabtu, 15 Juli 2023, 17.47 WIB Last Updated 2023-11-20T18:48:11Z

 

Tes Kesehatan Mahasiswa Baru UI

Warta Tangsel - Tes kesehatan merupakan salah satu persyaratan yang wajib dilakukan oleh mahasiswa baru Universitas Indonesia (UI). Tujuan diadakannya pemeriksaan tes kesehatan bagi mahasiswa baru UI adalah untuk melihat kesiapan fisik sebelum mengikuti kegiatan akademik. Pemeriksaan ini bertujuan memastikan bahwa mahasiswa baru tersebut berada dalam kondisi kesehatan yang baik dan siap mengikuti proses pembelajaran di UI.


Universitas Indonesia (UI) telah menyediakan fasilitas kesehatan berupa klinik yang memberikan berbagai layanan dan pemeriksaan medis yang dibutuhkan. Melalui tes kesehatan untuk mahasiswa baru, UI berupaya menciptakan lingkungan pendidikan yang aman dan sejahtera bagi mahasiswanya.


Tes kesehatan untuk mahasiswa baru UI ini dilakukan secara gratis, tanpa dipungut biaya apapun. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua mahasiswa baru memiliki akses yang sama terhadap pemeriksaan kesehatan yang diperlukan.


Sebelum melakukan tes kesehatan, terdapat beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa baru UI. Berdasarkan informasi dari akun Instagram milik Klinik Satelit UI, berikut adalah persyaratan yang perlu dipenuhi:


  1. Peserta merupakan mahasiswa baru tahun 2023 jenjang S1, D3, atau D4.
  2. Reservasi tes kesehatan harus dilakukan sebelumnya. Link pendaftaran tes kesehatan telah dibuka sejak 2 Juli 2023.
  3. Peserta dapat memilih jadwal tes kesehatan sesuai dengan ketersediaan. Tes pemeriksaan kesehatan dapat dilakukan mulai dari tanggal 4 Juli hingga 4 Agustus 2023.
  4. Mengikuti semua petunjuk dan prosedur pemeriksaan kesehatan yang diberikan oleh panitia.
  5. Hasil pemeriksaan kesehatan akan digunakan sebagai persyaratan untuk mengambil almamater.

Setelah memenuhi persyaratan, mahasiswa baru UI perlu mengikuti tahapan-tahapan berikut dalam tes kesehatan:


  1. Unduh aplikasi Doctor Tool Mobile pada ponsel miliknya.
  2. Lakukan pendaftaran akun dengan lengkap.
  3. Isi survey untuk skrining kesehatan awal secara jelas dan lengkap.
  4. Pilih jadwal pemeriksaan fisik atau laboratorium.
  5. Datang ke Klinik Satelit Makara UI Depok atau Salemba sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  6. Terima hasil tes kesehatan atau bukti pemeriksaan.
  7. Bukti hasil pemeriksaan ini dapat digunakan untuk mengambil almamater kampus di Balaiurung mulai dari 4 Juli hingga 4 Agustus 2023.

Tes kesehatan ini merupakan langkah yang diambil oleh Universitas Indonesia untuk meminimalisir risiko penularan penyakit di lingkungan kampus. Melalui pemeriksaan kesehatan ini, diharapkan para mahasiswa baru UI dapat memulai proses pembelajaran dengan persiapan yang matang dan percaya diri. Hal ini juga bertujuan agar mahasiswa baru UI dapat mengeluarkan potensi yang maksimal selama proses pembelajaran.


Dengan mengikuti tes kesehatan, mahasiswa baru UI dapat memastikan bahwa mereka berada dalam kondisi kesehatan yang optimal untuk menyelesaikan studi mereka dengan baik. Tes kesehatan ini juga menjadi salah satu bentuk perhatian UI terhadap kesejahteraan mahasiswa baru dan lingkungan belajar yang aman.



Penulis : Muhammad Miko Prayoga

Komentar

Tampilkan

  • Tes Kesehatan Mahasiswa Baru UI: Persyaratan, Tata Cara, dan Pentingnya Kesiapan Fisik
  • 0

Terkini

Topik Populer