Iklan

Meta Meluncurkan Threads, Aplikasi Pesaing Twitter yang Mengguncang Pasar Media Sosial

Muhammad Miko Prayoga
Kamis, 06 Juli 2023, 21.21 WIB Last Updated 2023-11-21T13:29:10Z


Mark Zuckerberg Rayakan Peluncuran Threads dengan Ngetwit Foto: Facebook


Pikiran Publik - Meta, perusahaan yang berada di balik platform media sosial terkenal seperti Facebook dan Instagram, baru-baru ini meluncurkan aplikasi baru yang berpotensi menjadi pesaing utama bagi Twitter. Aplikasi tersebut, yang diberi nama "Threads", merupakan sebuah platform media sosial berbasis teks yang dikembangkan oleh Meta untuk memberikan pengalaman percakapan yang unik bagi pengguna.


Peluncuran Threads tidak hanya menandai langkah baru bagi Meta dalam dunia media sosial, tetapi juga menjadi momen yang menarik karena CEO Meta, Mark Zuckerberg, memilih untuk merayakan peluncuran ini dengan cara yang unik. Melalui akun Twitter pribadinya, yang tidak aktif selama 11 tahun, Zuckerberg mengunggah sebuah meme Spider-Man yang saling tunjuk tanpa caption apa pun. Tindakan ini dianggap sebagai sindiran halus kepada Twitter dan menarik perhatian para pengguna Twitter.


Zuckerberg juga tidak ragu untuk menyindir Twitter secara langsung dalam postingan Threads-nya. Ia mengungkapkan bahwa Twitter belum berhasil memanfaatkan sepenuhnya potensi menjadi platform percakapan bagi miliaran orang. Dalam pernyataannya, Zuckerberg menyatakan, "Seharusnya ada aplikasi percakapan publik dengan lebih dari 1 miliar orang di dalamnya. Twitter memiliki kesempatan untuk melakukan itu, tapi mereka belum berhasil. Mudah-mudahan kami akan bisa melakukannya." Pernyataan ini menunjukkan ambisi Meta dalam memperluas basis pengguna dan memberikan pengalaman yang lebih baik.







Peluncuran Threads oleh Meta juga datang pada saat yang menarik, karena Twitter sendiri sedang menghadapi berbagai masalah. Sejak akuisisi oleh Elon Musk, Twitter telah kehilangan ribuan karyawan dan mengalami lonjakan aturan moderasi konten. Selain itu, platform ini juga mengalami pembatasan jumlah cuitan yang dapat dibaca pengguna dalam sehari sebagai langkah untuk melawan bot dan pengerukan data. Dalam konteks ini, Meta melihat kesempatan untuk menghadirkan alternatif yang menarik bagi pengguna yang mungkin sedang mencari platform media sosial yang lebih stabil dan ramah pengguna.


Tidak lama setelah peluncurannya, Threads langsung mendapatkan respons yang positif dari pengguna. Dalam empat jam pertama setelah dirilis, aplikasi ini berhasil mendapatkan lima juta pendaftar baru, menunjukkan minat yang besar dari masyarakat terhadap alternatif baru dalam dunia media sosial.


Dengan peluncuran Threads, Meta telah mengambil langkah besar dalam memperluas dominasinya di dunia media sosial. Dengan pengalaman dan sumber daya yang dimilikinya, perusahaan ini berpotensi menjadi pesaing serius bagi Twitter dan membuka peluang baru dalam menciptakan platform percakapan yang lebih inklusif dan menarik bagi pengguna di seluruh dunia.


Penulis : Muhammad Miko Prayoga

Komentar

Tampilkan

  • Meta Meluncurkan Threads, Aplikasi Pesaing Twitter yang Mengguncang Pasar Media Sosial
  • 0

Terkini

Topik Populer