Bayar Tarif Tol dengan Aplikasi Flo

Pikiran Publik - Sistem pembayaran tarif tol di Indonesia telah mengalami perubahan signifikan dengan adanya aplikasi bernama Flo atau Let it Flo. Aplikasi ini memungkinkan pengemudi untuk membayar tarif tol tanpa harus berhenti di gerbang tol, mengurangi antrean yang sering kali terjadi saat memasuki tol.


Metode pembayaran tarif tol tanpa henti ini menggunakan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) yang telah diterapkan di berbagai negara. Pengemudi dapat mengunduh aplikasi Flo ke ponsel mereka dan menggunakan aplikasi ini untuk membayar tarif tol dengan mudah dan cepat.


Salah satu keuntungan utama dari penggunaan aplikasi Flo adalah mengurangi keterlambatan dalam membaca kartu elektronik saat pembayaran tarif tol. Dalam banyak kasus, sistem pembacaan kartu elektronik cenderung lamban atau bahkan gagal membaca kartu, menghambat proses pembayaran. Dengan menggunakan aplikasi Flo, pengemudi dapat melintas di gerbang tol tanpa henti, meminimalkan waktu yang diperlukan untuk transaksi.


Belakangan ini, sebuah video viral menunjukkan seorang pengemudi yang menggunakan aplikasi Flo untuk membayar tarif tol tanpa henti, namun dihentikan oleh petugas gerbang tol yang mengira pengemudi tersebut belum membayar. Insiden ini menarik perhatian banyak orang dan menghasilkan komentar dari warganet yang mengalami pengalaman serupa. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembayaran tarif tol tanpa henti masih relatif baru bagi masyarakat Indonesia.


Aplikasi Flo menggunakan teknologi Radio Frequency Identification (RFID) yang dikelola oleh Jasamarga Tollroad Operator (JMTO). Proses kerjanya sangat sederhana. Pengemudi akan dipasangkan stiker RFID di lampu depan mobil mereka. Stiker ini berfungsi untuk menghubungkan data kendaraan dengan aplikasi Flo. Saat melintasi gerbang tol, stiker RFID akan terbaca secara otomatis, dan tarif tol akan langsung terpotong dari saldo yang ada dalam aplikasi.


Meskipun teknologi ini masih belum diterapkan di semua gerbang tol, Jasa Marga telah memperluas penggunaan aplikasi Flo. Pada tahun 2023, sebanyak 100 titik ruas jalan tol di wilayah Jabodetabek dan Bali sudah menggunakan aplikasi ini. Jumlah pengguna aktif aplikasi Flo juga terus bertambah, dengan lebih dari 13.000 pengguna dan rata-rata 3.770 transaksi per hari.


Bagi mereka yang ingin menggunakan aplikasi Flo, langkah-langkahnya sangat mudah. Pertama, pengguna harus mengunduh aplikasi Let it Flo melalui Playstore. Selanjutnya, pengguna bisa memesan stiker RFID dan menentukan lokasi serta waktu pemasangan. Teknisi Let It Flo akan membantu proses pemasangan, pengujian, dan aktivasi stiker RFID. Setelah itu, pengguna perlu mengisi saldo aplikasi Flo agar dapat digunakan. Saldo bisa diisi melalui aplikasi dengan memilih menu "beli voucher" dan melakukan pembayaran melalui LinkAja.


Dengan adanya aplikasi Flo, proses pembayaran tarif tol di Indonesia menjadi lebih efisien dan menghemat waktu. Pengemudi tidak perlu lagi berhenti di gerbang tol untuk membayar tarif, sehingga antrean dapat berkurang. Meskipun masih dalam tahap pengembangan, teknologi pembayaran tarif tol non-tunai dan nirsentuh ini menunjukkan potensi besar dalam meningkatkan pengalaman pengguna jalan tol di masa depan.


Penulis : Muhammad Miko Prayoga