Iklan

Libur Usai, Hari Pertama Masuk Sekolah Akses Jalan di Kota Tangsel Alami Kemacetan

Muhammad Miko Prayoga
Selasa, 02 Mei 2023, 19.10 WIB Last Updated 2023-11-20T18:48:21Z

Warta Tangsel - Libur pajang telah usai. Cuti bersama perpanjangan Lebaran 2023 bagi aparatur sipil negara (ASN) berakhir hari ini, Selasa 2 Mei 2023.

Begitu juga dengan anak-anak sekolah dan mahasiswa di sejumlah kampus juga sudah mulai masuk perdana hari ini.

Akibat mulai beraktivitasnya pekerja dan anak sekolah serta mahasiswa, kemacetan bermunculan di sejumlah wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Pantauan Tangselife, sejumlah akses utama di kota yang berbatasan langsung dengan DKI Jakarta itu terlihat kepadatan lalu lintas.

Seperti yang terjadi di Jalan Ir H Juanda, Kecamatan Ciputat Timur yang mengarah ke DKI Jakarta. 

Antrean kendaraan sudah terlihat sebelum Fly Over Ciputat tepatnya di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Ciputat Timur.

Antrean kendaraan pribadi itu mengular melintasi depan Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta hingga Sepolwan, Jalan Ciputat Raya atau Pasar Jumat.

Tapi arah sebaliknya, atau yang mengarah ke Kota Tangsel dan Kota Depok lancar jaya tanpa ada kemacetan berarti. 

“Kemacetan di Jalan Ir H Juanda tepatnya mulai dari Fly Over Ciputat sampai Pasar Jumat cukup panjang mulai jam 06.30 WIB,” terang Arizal, 63, warga Perintis, Kedaung, Pamulang.

Dia juga mengatakan kemacetan terjadi lebih cepat dan lebih parah dari hari-hari sebelum dan sesudah Lebaran 2023.

“Mungkin kemacetan karena anak-anak mulai sekolah. Kemacetannya panjang dan laju kendaraan juga sangat lambat,” katanya juga.

“Saya biasanya dari rumah ke wilayah Pondok Indah cuma 15 menit tapi karena macet jadi setengah jam,” terang juga pria yang bekerja di wilayah Pondok Indah, Jakarta Selatan tersebut.

Kepadatan lalu lintas juga terpantau terjadi di sepanjang Jalan Siliwangi, Kecamatan Pamulang sejak pukul 07.00 WIB. 

Kemacetan itu terjadi tepatnya di Bunderan Unpam yang berlokasi di seberang Markas Polsek Pamulang.

Kemacetan terjadi karena banyaknya kendaraan terutama motor yang hendak masuk ke  Universitas Pamulang (Unpam) dan mengarah ke kawasan Reni Jaya.

Akibatnya kemacetan panjang terjadi hingga Jalan Pajajaran, Kecamatan Pamulang hingga depan Sari Asih Ciputat dan lurus ke arah Jalan Dewi Sartika hingga Jalan Ir H Juanda, Ciputat.

Berbeda dengan kawasan lain, akses menuju Perempatan Viktor tepatnya di sepanjang Jalan Puspitek, Buaran, Kecamatan Serpong lancar jaya sejak pukul 06.00 WIB. 

Tidak ada kemacetan akses dari Kecamatan Pamulang tepatnya mulai dari pertigaan Pamulang II hingga Jalan Puspitek sampai pukul 09.00 WIB. Kondisi ini tidak seperti hari-hari biasanya.

Apalagi di persimpangan Viktor di jaga oleh sejumlah petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang Selatan yang tegah bertugas mengatur jalan satu arah atau one way di wilayah tersebut. 

Kendaraan sedikit tersendat pada akses satu arah (one way) di depan SMA Negeri 2 Setu dan SMP Negeri 18 Setu karena kendaraan pengantar siswa yang melambat.

Selebihnya, jalur one way hingga pertigaan Taman Tekno dan Pasar Serpong pantauan lalu lintas ramai lancar dan tidak ada kemacetan. 

Kecuali akses menuju wilayah BSD dan akses masuk ke Tol JORR dari arah BSD ke Bintaro dan Jakarta tersendat karena kepadatan di depan Stasiun Rawa Buntu.


Penulis : Muhammad Miko Prayoga
Komentar

Tampilkan

  • Libur Usai, Hari Pertama Masuk Sekolah Akses Jalan di Kota Tangsel Alami Kemacetan
  • 0

Terkini

Topik Populer