Pikiran Publik - Menjelang Lebaran 2023 sejumlah harga kebutuhan pokok di Kabupaten Tangerang masih stabil tapi ada juga yang mengalami kenaikan.

Seperti daging sapi melonjak drastis mencapai Rp160.000 per kilogram.

Padahal, hari raya Idul Fitri 1444 hijriah tinggal 10 hari lagi. Masyarakat pasti membutuhkan daging sapi karena digunakan untuk membuat menu ketupat saat Lebaran 2023. 

“Saat ini harga daging sapi memang melonjak. Sementara, untuk komiditas lainnya harga masih stabil walau ada yang naik juga,” terang Bupati Tangerang  Ahmed Zaki Iskandar, Selasa 11 April 2023.

Kenaikan harga daging sapi juga diungkapkan Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kabupaten Tangerang  Iskandar Nordat.

Dia mengatakan harga daging sapi memang melonjak di sejumlah  pasar tradisional. “Kenaikan harga daging sapi menjadi tidak terkendali menjelang Lebaran,” terangnya.

Iskandar juga mengatakan kenaikan daging sapi terjadi di seluruh pasar tradisional dan pasar modern di Kabupaten Tangerang.

Iskandar memaparkan harga daging  sapi awal Ramadan mengalami kenaikan Rp5 ribu/kg dari Rp140 ribu menjadi Rp145 ribu perkilogramnya.

Tapi menjelang 10 hari Lebaran 2023, harga daging sapi kembali mengalami kenaikan hingga mencapai Rp160.000/kg.

”Kenaikan itu kami duga dipicu semakin meningkatnya permintaan masyarakat terhadap komoditas daging sapi. Terlebih jelang Lebaran jadi permintaan meningkat dan harga melonjak,” katanya juga. 

Iskandar juga menyebutkan bukan hanya daging sapi saja yang naik, beberapa komoditas pertanian juga seperti bawang merah yang nyaris naik 100 persen menjadi Rp63 ribu perkilogramnya.

Lalu, bawang putih juga mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp25 ribu perkilogram lalu menjadi Rp40 ribu perkilogramnya. 

“Begitu juga telur ayam broiler juga mengalami kenaikan. Dari semula Rp24.000/kg kini menjadi Rp32 per kilogram,” tandas Iskandar juga. 

Penulis : Muhammad Miko Prayoga