Iklan

Cek jadwal dan cara tukar uang baru di BRI, Mandiri, BSI, BCA, dan BNI untuk persiapan mudik Lebaran 2023

Muhammad Miko Prayoga
Selasa, 11 April 2023, 22.53 WIB Last Updated 2023-11-21T13:27:47Z

Pikiran Publik - Menjelang Lebaran 2023, masyarakat Indonesia sudah mulai berburu uang pecahan baru untuk persiapan mudik melalui beberapa titik lokasi dari bank besar seperti BRI, Mandiri, BSI, BCA, dan BNI.

Sejumlah bank juga kini mulai menyediakan fasilitas bagi masyarakat yang mau melakukan penukaran uang baru dalam rangka untuk menyediakan kebutuhan uang menjelang lebaran.

Bank BCA bahkan telah menyiapkan dana tunai mencapai Rp 69,48 triliun, sementara Bank BNI menyiapkan uang baru sebesar Rp 45,9 Triliun.

Sedangkan Bank BRI dan Bank Indonesia masing-masing telah menyiapkan Rp 32 triliun dan Rp 195 triliun pada periode puasa dan Lebaran 2023 kali ini.

Penukaran uang melalui bank ini telah disebar di lebih dari 5.000 titik lokasi.

Hal ini berarti ada peningkatan 8,22 persen bila dibandingkan dengan alokasi uang tunai pada momentum Ramadan dan Idul Fitri tahun sebelumnya.

Berikut bank yang menyediakan fasilitas penukaran uang beserta jadwal dan lokasinya.

1. Jadwal dan Cara Tukar Uang Baru di BI

Penukaran uang melalui Bank Indonesia ini telah bekerjasama dengan perbankan yang disebar di lebih dari 5.066 titik lokasi.

Hal ini berarti ada peningkatan 8,22 persen bila dibandingkan dengan alokasi uang tunai pada momentum Ramadan dan Idul Fitri tahun sebelumnya.

Selain itu BI juga menyediakan opsi layanan penukaran uang melalui kas keliling di Jakarta.

Jika ingin menukarkan uang di kas keliling BI, masyarakat terlebih dahulu harus memesan melalui aplikasi PINTAR. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

Buka aplikasi PINTAR atau laman pintar.bi.go.id. Pada halaman utama PINTAR, pilih menu kas keliling.

Selanjutnya pilih provinsi lokasi penukaran uang rupiah melalui kas keliling yang diinginkan.

Aplikasi PINTAR selanjutnya menampilkan daftar lokasi dan tanggal kas keliling yang tersedia yang dapat dipilih.

Penukaran uang di BI bukan hanya melalui kas keliling dan penukaran di perbankan, BI juga membuka layanan penukaran uang di jalur mudik melalui program BI Peduli Mudik.

Layanan ini akan mulai dibuka pada 15-19 April 2023 di sejumlah jalur mudik, yakni pada Rest Area Jalan Tol di Jawa, Lampung, Palembang, serta di alur penyeberangan di Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk.

2. Jadwal dan Cara Tukar Uang Baru di BRI

BRI atau Bank Rakyat Indonesia juga turut serta membuka layanan penukaran uang baru.

BRI bahkan telah menyiapkan 391 kantor cabangnya di seluruh Indonesia untuk memberikan layanan penukaran uang.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto menyampaikan bahwa layanan penukaran uang ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh nasabah BRI di seluruh Indonesia yang telah disesuaikan dengan jumlah uang yang ditukarkan.

Untuk melakukan penukaran, BRI akan membuka layanan tersebut pada periode 27 Maret hingga 20 April 2023 dengan jumlah maksimal penukaran per orang sebesar Rp 3,8 juta.

Layanan penukaran uang BRI ini merupakan salah satu agenda dari kegiatan Bank Indonesia Se,arak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul FItri (SERAMBI) 2023 untuk menyediakan uang layak edar.

3. Jadwal dan Cara Tukar Uang Baru di Bank Mandiri

Selain BI dan BRI, Bank Mandiri juga menyediakan layanan penukaran uang baru untuk kebutuhan masyarakat pada Lebaran 2023.

Menurut Corporate Secretary Bank Mandiri, Rudi As Aturridha menyampaikan untuk penukaran uang pecahan tunai, masyarakat bisa langsung mendatangi kantor cabang Bank Mandiri, tanpa melakukan pendaftaran.

Sementara untuk penukaran uang tunai, Bank Mandiri telah menyiapkan 330 Cabang di seluruh Indonesia dan 33 diantaranya ada di Jabodetabek.

Dari 330 cabang tersebut, seluruhnya telah terdaftar dalam loket penukaran program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul FItri (Serambi) Bank Indonesia 2023.

Periode penukaran uang di kolet cabang Bank Mandiri ini sudah bisa dilakukan mulai pada 27 Maret hingga 18 April 2023 pukul 10.00 sampai dengan selesai.

4. Jadwal dan Cara Tukar Uang Baru di BCA

Bank Central Asia (BCA) juga turut serta menyediakan layanan uang baru untuk seluruh masyarakat Indonesia

Layanan penukaran uang tunai dari BCA ini disediakan di Kantor Cabang Utama (KCU) BCA. Penukaran uang baru di BCA ini juga bisa dilakukan sejak 27 Maret sampai 18 April 2023.

BCA juga menyediakan layanan penukaran uang tunai di cabang-cabang yang telah ditunjuk oleh Bank Indonesia (BI) .

Penukaran uang BCA juga bisa dilakukan tanpa melalui pendaftaran khusus.

Selain itu, masyarakat juga tidak akan merasa terbebani syarat untuk penukaran khusus selama persediaan masih tersedia.

5. Jadwal dan Cara Tukar Uang Baru di BSI

Layanan penukaran uang untuk masyarakat menjelang Lebaran 2023 juga difasilitasi oleh Bank Syariah Indonesia.

BSI bahkan telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp 37,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sementara itu, selama periode Idul Fitri 1444 H ada 236 kantor cabang yang BSI siapkan dan akan beroperasi secara terbatas pada periode 19-25 April 2023 di berbagai wilayah Indonesia.

BSI juga menyediakan layanan kas keliling di berbagai wilayah, ada 32 lokasi yang disediakan seperti Bank Indonesia.

Lokasi layanan kas keliling diantaranya di masjid, pelabuhan, rest area, mal, dan pasar.

Selain itu, layanan penukaran uang tunai ini juga terdapat pada 74 lokasi cabang BSI dengan jadwal penukaran yang telah disesuaikan dengan ketepatan BI pada masing-masing daerah.

6. Jadwal dan Cara Tukar Uang Baru di BNI

Penukaran uang baru untuk Lebaran 2023 juga disediakan juga oleh Bank Negara Indonesia (BNI).

BNI telah menyediakan 30 titik lokasi untuk penukaran uang baru yang tersebar di seluruh Jabodetabek, Karawang, dan Serang.

Penukaran uang baru Lebaran 2023 bisa dilakukan di kantor cabang BNI sesuai dengan titik dan daerah yang telah ditentukan tersebut.

Sementara untuk jumlah penukaran maksimal sebesar Rp 3,8 juta per orang sesuai dengan ketentuan dari Otoritas.

Lalu untuk emisi penukaran uang yang disediakan oleh BNI adalah tahun 2016 dan 222 serta masyarakat akan mendapatkan uang sesuai dengan stok yang tersedia saat itu.

Penukaran uang di BNI telah bisa dilakukan sejak awal Ramadan hingga 18 April sebelum cuti Lebaran 2023.
Komentar

Tampilkan

  • Cek jadwal dan cara tukar uang baru di BRI, Mandiri, BSI, BCA, dan BNI untuk persiapan mudik Lebaran 2023
  • 0

Terkini

Topik Populer